Jumat, 26 Oktober 2012

Air Terjun Resun

Potensi objek wisata Air Terjun Resun di Desa Resun, Kecamatan Lingga Utara semakin ramai dikunjungi wisatawan lokal, terutama di saat hari libur. Air Terjun Resun ini sangat jernih dan masih sangat alami, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Lingga.
Selain memiliki air terjun yang sangat jernih, di kawasan objek wisata air terjun ini juga terdapat batu-batu dan dikelilingi pepohonan yang masih hijau. Pokoknya, pengunjung yang datang tidak saja senang menikmati air terjun, namun juga dapat menikmati suasana alam yang menyegarkan.
Kondisi sekitar air terjun terasa segar, pohon-pohon yang tinggi, desir air yang jatuh seolah memberikan kesenangan tersendiri bagi pengunjungnya. Kondisi terjalnya batu yang dialiri air pada tingkat empatnya juga terdapat kolam yang dapat direnangi pengunjung. Bagi siapa yang saja mencoba, seolah menikmati estetika alam tiada taranya.
Titi Rosmawati, seorang warga yang tinggal di sekitar pemandian Air Terjun Resun mengatakan, air terjun ini memang ramai dikunjungi oleh warga sambil membawa keluarganya. Apalagi setelah baru-baru ini jalan menuju kawasan tersebut baru diaspal dan sudah dapat dilewati oleh kendaraan roda dua dan roda empat.



"Pengunjung ramainya di hari-hari libur, seperti hari libur nasional dan libur akhir pekan. Banyak warga atau tamu dari luar Lingga yang juga sengaja datang ke Air Terjun Resun," ujarnya sambil membersihkan buah nangka yang baru dipetik, kemarin.
Dikatakannya, air terjun yang ada di Desa Resun bersumber dari air puncak Gunung Daik. Sumber air dari aliran-aliran kecil menyatu dalam satu aliran yang melewati batu-batu terjal, setelah melewati bebatuan curam yang menghasilkan air terjun. Air gunung yang sejuk tersebut mengalir melintasi Desa Resun. Pada aliran air terjuan, juga ada ikan-ikan kecil di sela-sela bebatuan disepanjang sungai yang dialiri air dari puncak gunung.
Edi, salah seorang pengunjung menyampaikan, kawasan hutan dan Air Terjun Resun sangat alami dan memiliki kaindahan alam yang menawan.
"Wah, kawasan Air terjun Resun mamang bagus, bisa mandi dan berenang. Lagi pula tempatnya masih alami dan tak ada tercemar sedikitpun," ujarnya.
Ia yang baru sekali datang berkunjung ke lokasi air terjun ini menyatakan sangat tertarik untuk berkunjung kembali. Karena dengan pemandangan yang terdapat di kawasan tersebut dapat menikmati kesegaran udara yang dapat menghilangkan dan menyenangkan pikiran.
Di kawasan air terjun juga tersedia rumah-rumah kecil sebagai tempat duduk dan berkumpul keluarga bagi pengunjung. Rumah kecil tersebut terdapat di sekitar kolam pemandian untuk memberikan pelayanan dalam menikmati kesegaran dan kesejukan alam.
"Lokasi Air Terjun Resun merupakan salah satu destinasi wisata yang dikelola secara serius untuk menarik wisatawan baik dari luar Lingga maupun wisatawan lokal,"tambah Junaidi Adjam, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lingga.

1 komentar: