Jumat, 26 Oktober 2012

Air Terjun Coban Rondo

Air terjun Coban Rondo juga merupakan  salah satu obyek wana wisata yang  dimiliki  kabupaten Malang? provinsi Jawa Timur. Terletak  sekitar 12 Km dari kota Batu, tepatnya di Desa Pandansari,  kecamatan Pujon. Kawasan wana wisata Air terjun Coban Rondo adalah kawasan wana wisata yang paling mudah ditempuh.
 Jalan  masuk menuju lokasi sudah beraspal, sehingga sangat memudahkan bagi wisatawan .  Air terjun Coban Rondo memiliki ketinggian 84 meter, berada pada ketinggian 1135 meter dari permukaan air laut.  Air yang mengalir berasal dari sumber mata air Cemoro Dudo. Obyek wisata ini pertama kali dibangun pada tahun 1980.
 Selain wisata air terjun, wana wisata Coban Rondo juga sering dijadikan sebagai tempat berkemah.  Air terjun Coban Rondo  mempunyai kisah, konon namanya berasal dari sepasang pengantin yang baru saja melangsungkan pernikahan. Mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati sedangkan mempelai pria bernama Raden Baron Kusumo.
 Mereka berdua hendak menuju tempat mempelai pria berasal  yaitu gunung Anjasmoro.  Tetapi di tengah jalan diganggu oleh Joko Lelono yang tertarik pada kecantikan Dewi Anjarwati. Sebelum terjadi

perkelahian Raden Baron Kusumo, berpesan kepada orang-orang yang menyertainya, agar Dewi Anjarwati disembunyikan di tempat yang ada cobannya ( air terjun ).

Ternyata , Raden Baron Kusumo dan Joko Lelono tewas dalam perkelahian itu, dengan demikian Dewi Anjarwati menjadi janda atau rondo dalam bahasa jawanya. Sejak  saat itu , air terjun tempat Dewi Anjarwati menunggu suaminya, disebut Coban Rondo Coban Rondo yang berjarak 12 Km dari Kota Batu atau kurang lebih 24 Km dari kota Malang , dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.
 Akses ke air terjun Coban  Rondo sangatlah mudah, karena selain jalannya bagus, banyak papan nama dengan ukuran besar akan memberikan petunjuk. Bagi wisatawan yang menggunakan angkutan umum bisa naik bus jurusan Malang dari Surabaya dengan hanya membayar Rp. 12.000 per orang , lalu dilanjutkan dengan bemo dari terminal Arjosari, Malang ke Landungsari dengan ongkos Rp.1500 per orang. 

Kemudian di lanjutkan lagi dengan bis tujuan Kediri via Pujon, turun di Patung Sapi yang merupakan pintu gerbang ke Coban Rondo? perorang hanya Rp.2500. Dari sini tersedia ojek yang siap mengantar hingga ke lokasi.  Setelah tiba di tempat perkir, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 200 meter menuju lokasi air terjun Coban Rondo.

Tiket masuk ke daerah Wana Wisata Coban Rondo , Rp. 16.000 per orang , sedangkan untuk kendaraan roda empat,  harus membayar Rp. 4000. Sedangkan untuk kendaraan roda dua hanya membayar Rp. 2000. Bagi anda yang ingin mencoba kuliner di di Air Terjun Coban Rondo, jangan khawatir karena di sini banyak warung-warung yang menyediakan makanan dengan harga terjangkau.

Di area ini juga tersedia panggung terbuka  dan lokasi  perkemahan . Untuk yang mencari tempat penginapan , bisa menginap di penginapan Griya Wana Coban Rondo dengan tarif hanya Rp. 150.000 per malam , atau mencari di daerah Songgoriti yang berjarak 5-8 Km dari lokasi air terjun Coban Rondo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar